Custom Permalink, Fitur URL Editor ala Blogger

blogger templates

Custom Permalink alias URL Editor Blogger/Blogspot adalah fitur terbaru google dimana para blogger dapat menentukan url postingan sebelum posting diterbitka ( publish ). Fitur ini memang sudah lama sekali ditunggu kehadirannya oleh para pengguna blogger karena dengan fitur ini, maka kita tidak perlu menggonta- ganti judul postingan demi menonjolkan kata- kata tertentu untuk url postingan agar keyword dapat bersaing di search engine.

Berikut ini adalah contoh URL postingan sebelum dan sesudah adanya custom permalink ( tanpa mengutak- atik atau mengakali judul ):
·         Before :  Mempercepat Loading Blog dengan Kompressi CSS è           http://blogpemula-tutorial.blogspot.com/2012/07/mempercepat-loading-blog-dengan-kompresi.html
·         After:Mempercepat Loading Blog dengan Kompressi CSS  èhttp://blogpemula-tutorial.blogspot.com/2012/07/kompressi-css-mempercepat-loading-blog.html( sesuai dengan keinginan saya keyword mana yang akan saya tonjolkan )

Sayangnya untuk URL Rewrite atau link untuk identitas tahun dan bulan memang tidak bisa dirubah, tapi setidaknya fitur ini sangat membantu teman- teman blogger untuk tidak terlalu repot utak- atik judul saat posting untuk mendapatkan URL yang SEO friendly.

Langkah-langkah menggunakan fitur Custom Permalink Blogger
1.       Posting artikel seperti biasa
2.       Perhatikan Post Setting di sidebar kanan, ada fitur “Permalink”, klik
3.       Ada dua opsi, yaitu automatic permalink dan custom permalink
permalink, custom permalink, automatic permalink,blogger, url editor
4.       Automatic permalinkakan menjadikan url default atau standar, silakan sobat gunakan jika judul postingan pendek dan tidak ada struktur yang tidak ingin diubah. Sebaliknya jika URL cenderung panjang dan ingin menonjolkan keyword atau mengubah struktur url, gunakan Custom permalink
5.       Penulisan permalink cukup judul saja, dipisahkan dengan tanda (-),misalnya custom-permalink-url-editor
6.       Pilih Done/ Selesai
7.       Terbitkan/ Publish postingan

Yang perlu diingan Custom Permalink ini dapat dilakukan hanya sebelum postingan diterbitkan. Jika postingan sudah diterbitkan, maka editing CustomPermalink sudah tidak dapat lagi dilakukan. Hal ini berbeda dengan WordPress dimana kita dapat melakukan edit pada permalink meski postingan sudah diterbitkan.  Masih cukup banyak kelemahannya sobat, tapi mari berharap kekurangan ini dapat diperbaiki blogger di masa- masa mendatang.



0 Response to "Custom Permalink, Fitur URL Editor ala Blogger"

Post a Comment