81 Persen Ponsel Pintar di Dunia Gunakan Android Terbaru

blogger templates
Jakarta: Sistem operasi Android menguasai 81 persen pangsa pasar ponsel pintar global. Demikian data terbaru lembaga riset IDC kuartal ketiga 2013, seperti dilansir situs teknologi PC Techhive.

Jika dihitung secara unit, ada 140 juta ponsel pintar berbasis Android dari 261 juta dan 40 persen di antaranya dibuat oleh Samsung. Sisanya, yang hanya terhitung single digit, merupakan merek lain.

Kendati demikian, Manager Riset Divisi Ponsel IDC, Ramon Llamas mengatakan dominasi Samsung bisa memberikan efek negatif pada ekosistem Android secara keseluruhan. Sebab, lanjutnya, pasar tetap membutuhkan produsen ponsel pintar amatir sebagai tolak ukur untuk melihat beberapa perspektif, termasuk patokan harga.

"Tergantung siapa produsen amatirnya, itu bisa membantu Samsung menjaga posisi aspirasional di pasar sehingga berefek positif bagi pangsa pasar dan penjualannya," terang Llamas.

Di sisi lain, pertumbuhan Android sebenarnya tidak terlalu menggembirakan. Windows Phone yang merupakan pemain baru di pasar ponsel pintar, justru mencetak pertumbuhan 156 persen tahun ke tahunnya.

"Tapi prestasi Windows Phone itu belum bisa menyalip Android dan Ios dalam waktu dekat ini. Kabar baiknya adalah Windows Phone mampu membuat kemajuan sejak kemunculannya," tambah Llamas.

Ia pun menambahkan, hingga 2017, pangsa pasar Windows Phone hanya mencapai 10 persen. Sementara Android dan Ios, diprediksi sudah jauh di atas angka tersebut. Kuartal ketiga tahun ini, pangsa pasar Windows Phone mencapai 3,6 persen.
sumber metrotv

0 Response to "81 Persen Ponsel Pintar di Dunia Gunakan Android Terbaru"

Post a Comment