11 Parameter Blog dan Blogger Sukses

blogger templates

Menjadi blogger yang sukses adalah impian setiap blogger. Enggak mudah memang karena membutuhkan kerja keras dan kesabaran untuk sampai di ujung sana. Tulisan ini cukup lama saya simpan sebagai koleksi dari salah satu blog sukses Indonesia, http://www.blogguebo.com, yang merupakan tulisan menarik tentang 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses. Apa saja yang menjadi parameter kesuksesan sebuah blog?? Kali ini TBP coba untuk menulis ulang, kita simak yuk sobat…

1.     Traffic
Jumlah pengunjung adalah salah satu parameter kesuksesan sebuah blog. Semakin banyak pengunjung sebuah blog, semakin sukses blog tersebut. Traffic sendiri biasanya dibedakan lagi menjadi 2:

- Unique Visitors: pengunjung blog yang berasal dari 1 alamat IP tertentu
- Page Views: jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung blog

Dari kedua rasio ini biasanya akan lebih mudah dilihat kualitas pengunjung sebuah blog. Sebuah blog yang sukses, biasanya memiliki 
unique visitors dan page views yang tinggi.

2.      RSS Subscribers
Bukan hanya jumlah pengunjung, jumlah RSS subscribers atau pelanggan RSS juga bisa menjadi parameter sukses sebuah blog. RSS Subscribers memang belum  terlalu popular di Indonesia, tapi untuk saat ini cukup banyak blogger Indonesia yang mulai widget feed counter dari Feedburner yang artinya  semakin banyak blogger Indonesia yang memahami fungsi RSS dan menerimanya sebagai salah satu ukuran kesuksesan sebuah blog.

3.     Komentar
Parameter lain yang bisa menjadi ukuran sukses sebuah blog adalah jumlah komentar. Tapi bukan hanya 
jumlah komentar, kualitas komentar juga akan menjadi ukuran kesuksesan sebuah blog mengingat tidak sedikit jumlah komentar- komentar bersifat “spamming” yang tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink.

4.     SERP
SERP atau 
ranking hasil pencarian di mesin pencari juga merupakan parameter penting kesuksesan sebuah blog. Semakin tinggi ranking sebuah blog di halaman hasil pencarian mesin pencari (misalnya di posisi 1 halaman pertama), maka semakin sukses blog tersebut.

menjadi blogger sukses, blog sukses, blogger hebat

5.     Link Back
Banyaknya link back yang mengarah ke blog kita juga dapat digunakan salah satu parameter sukses tidaknya sebuah blog. Blog dengan link back ratusan atau bahkan ribuan bisa dianggap sukses dibandingkan dengan blog yang hanya memiliki puluhan link back. Manfaat dari link back adalah dapat mengalirkan pengunjung/ traffic serta mendongkrak 
posisi hasil pencarian di mesin pencari.

6.     Blog Ranking
"Blog Ranking" semacam Technorati, Google Pagerank dan Alexa Rank dapat dijadikan sebagai parameter blog sukses lainnya. Technorati memiliki daftar "Top 100 Blog" yang sangat disegani dimana blogger-blogger yang masuk daftar ini seringkali disebut sebagai blogger A-List. Alexa Rank adalah sistem ranking berdasarkan traffic dimana semakin rendah Alexa Rank sebuah blog, maka semakin tinggi traffic blog tersebut. Google Page Rank adalah sistem ranking yang dibuat oleh Google sebagai parameter popularitas sebuah blog atau halaman blog. Dalam skala 1-10, semakin tinggi angka Google PR, maka semakin tinggi pula ranking PR sebuah blog. Semakin tinggi pagerank, maka semakin baik nilai blog tersebut di search engine. Tidak heran banyak sekali tips untuk meningkatkan ranking blog berterbaran di mesin pencari.

7.     Penghargaan
Saat ini semakin banyak 
kontes blog yang memberikan penghargaan untuk blog dan blogger yang dianggap memenuhi kriteria tertentu berdasarkan kategori tertentu. Beberapa penghargaan bisa dianggap mewakili kualitas blog dan blogger yang menjadi pemenangnya.

8.     Ketenaran
Salah satu parameter kesuksesan sebuah blog adalah ketenaran dari sebuah blog. Ketenaran ini bisa berasal dari profil unik yang hanya dimiliki oleh sang blogger, buzz words yang diciptakannya melalui blognya ataupun hasil dari prestasi tertentu yang diperoleh sang blogger. Berdasarkan parameter ini, sebuah blog yang terkenal, meskipun tidak memiliki seorangpun pelanggan RSS, tetap bisa dikatakan sukses.

9.     Facebook Like
Facebook like juga dapat dijadikan sebagai parameter sukses sebuah blog. Kehadiran facebook kini bukan hanya dimanfaatkan untuk jejaring sosial biasa, tapi juga salah satu tool untuk menjaring pengunjung. Salah satu caranya adalah dengan membuat facebook page dan memasang widgetnya di blog, kemudian menghubungkan facebook dengan RSS graffiti.

10.  Twitter Followers
Sama seperti facebook like, twitter follower dapat menjadi salah satu parameter sukses blog dengan kemampuannya mendatangkan pengunjung ke blog kita. Semakin banyak jumlah Twitter followers sebuah blog, maka semakin sukses blog tersebut.

11.  Uang
Parameter terakhir yang bisa digunakan untuk menilai sukses tidaknya sebuah dan blogger adalah uang yang diperolehnya dari aktivitas blogging. Semakin banyak uang yang dihasilkan sebuah blog, maka semakin sukses blog tersebut. Bagi sebagian blogger, memang uang bukanlah tujuan utama aktivitas blogging, namun tidak ada salahnya kan sambil blogging kita mempunyai passive income sendiri. Untuk TBP, uang itu sendiri berarti bonus sekaligus prestasi jerih payah kita dalam blogging.


Bagaimana sobat, ada yang mau menambahkan parameter lainnya??




0 Response to "11 Parameter Blog dan Blogger Sukses"

Post a Comment